Cari Domain Murah ? Berkualitas ?

10 Website Penyedia Musik Gratis Creative Common

11:02 PM

10 Website Penyedia Musik Gratis Creative CommonHallo selamat malam, berjumpa lagi sama Mas Rully yang sok sibuk ini, padahal sih nggak sibuk sibuk amat tapi sibuk banget. Wkwkwk, sama aja yak!.

Setelah beberapa hari nggak ngulik - ulik nih blog karena tugas kuliah yang menumpuk, akhirnya malam ini ada kesempatan juga deh menyisihkan waktu untuk membuat artikel tentang 10 Website Penyedia Musik Gratis Creative Common.





Sekilas tentang Creative Common
Apa sih creative common ?
Creative Commons atau yang biasa kita kenal dengan isitilah CC adalah sebuah lembaga atau organisasi nirlaba yang fokus pada karya kreatif yang tersedia untuk orang lain secara legal agar dapat digunakan kembali dan dibagi secara luas.

Apa saja objek yang termasuk creative common ?
Banyak sekali, namanya juga Creative Common. Jadi sebuah karya apapun bentuknya misalnya suara, gambar, video itu bisa termasuk creative common.

Lalu apa fungsinya ?
Bagi kamu yang seorang penulis blog, atau bahkan seorang youtubers pasti mengerti lah apa kegunaannya. Seperti contoh kita menulis artikel blog, kita membuat artikel tentang "Cara membuat jus mengkudu" lalu kita membuat isi artikel dengan banyak kata, kemudian kita menyisipkan gambar. Nah disinilah fungsi dari creative common.

Dengan adanya creative common ini, kita sebagai penulis jadi lebih terbantu karena kita bisa menggunakan gambar yang nantinya akan kita gunakan sebagai thumbnails dari sebuah artikel. Mungkin ini hal sepele bagi sebagian orang, tapi tahukah kamu ini jadi masalah yang sangat serius bagi google kalau kita sudah terikat iklan dengan google. Artikel yang kita buat akan mendapat teguran dari google karena pelanggaran hak cipta milik orang lain. Tentu ini sangat merugikan sekali.

Nah, kabar gembira untuk para youtubers karena kali ini saya akan membagikan informasi tentang 10 Website Penyedia Musik Gratis Creative Common

SoundCloud
SoundCloud merupakan salah satu sumber daya yang besar bagi orang-orang yang mencari berbagi jenis musik yang mereka cari, sehingga tidak mengherankan kalau kita bisa menemukan banyak Creative Commons di website tersebut.

JewelBeat
JewelBeat juga memberikan kebebasan kepada para penggunanya untuk menggunakan musik. Kamu dapat menggunakannya dalam video online kamu seperti youtube, iklan, dll dengan syarat menambahkan kredit link ke situs web. Tetapi sepertinya JewelBeat ini kurang lengkap jika kamu sedang mencari musik benar-benar gratis.

loading...
Jamendo
Jamendo adalah sebuah website yang menawarkan sebuah perpustakaan musik yang lebih dari 400.000 trek , tetapi tidak semuanya berlisensi Creative Commons, jadi ketika memilih musik dari situs ini, pastikan untuk memilih hanya trek yang tersedia untuk digunakan gratis.

Sementara itu kamu tidak dapat menyaring hasil pencarian kamu untuk menunjukkan hasil yang hanya berlisensi CC, trek apapun yang tidak bebas untuk menggunakan akan memiliki tombol "pro" sehingga lebih mudah dikenali. Lisensi untuk trek tercantum di bagian bawah halaman, jadi pastikan untuk scroll ke bagian paling bawah untuk memastikan bahwa audio yang akan kamu pakai nantinya benar - benar Creative Common agar kamu dapat menggunakannya dalam video online kamu.

FreeSound
Selanjutnya adalah FreeSound. FreeSound merupakan sebuah website penyedia layanan Creative Common  yang memungkinkan pengunjung untuk mencari musik dengan tag.

Kamu perlu mendaftar terlebih dahulu untuk  mengunduh file audio, dan seperti biasa, pastikan untuk melihat lisensi tepat yang tercantum pada halaman dalam lagu sehingga kamu tahu bagaimana kamu dapat menggunakan audio yang telah kamu pilih tersebut

CCMixter
website Creative Commons perpustakaan yang tidak boleh dilewatkan adalah CCMixter. Situs ini dikemas secara apik dengan musik yang gratis agar bisa kamu unduh. Seperti halnya dengan semua situs, kamu harus melihat dari dekat lisensi pada setiap klip sehingga kamu tahu dan bisa mematuhi pembatasan lisensi, terutama sejauh menggunakan musik dalam segala hal secara komersial.

Incompetech
Incompetech adalah tempat yang baik untuk menemukan full-length Creative Commons trek, dan seperti Audionautix, Ini artinya kamu bisa mencari Perpustakaan musik dengan genre yang bermacam - macam. Musik di situs ini berlisensi di bawah Attribution 3.0 Unported license, berarti kamu bebas untuk berbagi, remix dan digunakan secara komersial, selama kamu kredit situs. Jika tidak, Incompetech akan meminta kamu untuk membayarnya.

CCTrax
CCTrax juga memungkinkan kamu untuk mencari Creative Commons diseluruh perpustakaan musik dengan berbagai genre musik yang berbeda - beda. Genre yang tercantum di situs ini termasuk electronica, hip-hop, rumah, jazz, piano dan klasik modern. Mereka juga memiliki diagram alur yang berfungsi untuk memecah lisensi Creative Commons sehingga kamu dapat lebih mudah untuk membedakan mana yang Creative Commons dan mana yang bukan.

iBeat
iBeat menawarkan trek gratis yang dapat kamu telusuri dengan genre-alternatif, perkotaan, pop dan banyak lagi. Selain browsing trek dengan genre, kamu juga dapat menelusuri berbagai macam instrumen -  insturmen yang telah disediakan oleh situs tersebut.

Internet Archive
Internet Archive adalah sebuah situs dimana tempat kamu dapat menemukan musik mana yang lebih banyak dan gratis,

Audiofarm
Akhirnya, Audiofarm menyediakan pengunjung dengan Creative Commons trek, dan selain menemukan musik dari berbagai genre, kamu juga dapat mengunduh rekaman suara. Rekaman suara yang disertakan pada Audiofarm adalah pengisi suara, komedi, dan berita. Ini adalah situs lain di mana kamu perlu memeriksa lisensi karena tidak semua konten yang dibagi di Audiofarm ini berlisensi di bawah Creative Commons.

Demikian artikel kali ini tentang 10 Website Penyedia Musik Gratis Creative Common. Kamu yakin bahwa ada perpustakaan musik lain di luar sana. Kalau ada silakan tambahkan dikolom komentar dibawah ini. Mari kita diskusikan bersama.

Terima kasih telah berkunjung!




Artikel Terkait

Berikutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Selanjutnya »

Silakan berkomentar dibawah ini!
Mohon maaf komentar yang mengandung kata - kata kotor, spam, SARA, porn*grafi dan sejenisnya tidak akan ditampilkan ! EmoticonEmoticon