Cari Domain Murah ? Berkualitas ?

5 Pola Hidup Sehat

8:21 PM

Pola Hidup SehatHidup sehat merupakan impian dari setiap orang, bahkan sehat merupakan faktor paling utama yang menjadi pengaruh aktivitas keseharian kita.

Seringkali ketika kita diberi kesehatan tapi kita tidak memanfaatkannya dengan baik. Padahal sehat itu ternyata penting.

Lalu bagaimana kita bisa menjaga kesehatan kita ? 

Agar kesehatan kita tetap prima kita perlu mengerti dulu pola hidup sehat. 

Pola hidup sehat merupakan suatu kondisi dimana bukan hanya tubuh saja yang sehat, namun juga ada aspek - aspek yang lain yang tentu harus sehat pula seperti jiwa kita, dan relasi sosial.

Nah, ada beberapa tips untuk kamu yang ingin menjalani pola hidup sehat.


1. Cek Kondisi Kesehatan Secara Berkala ( Medical Check Up )
Kebanyakan dari kita sering mengabaikan yang namanya kesehatan. Bahkan jarang sekali orang yang mau memeriksa kondisi kesehatan ketika dia sedang sehat.

Cek Kondisi KesehatanMedical check up memiliki banyak sekali manfaatnya, terutama untuk mengetahui gejala - gejala yang timbul yang disebabkan oleh suatu penyakit yang ada di dalam tubuh.

Pemeriksaan kondisi kesehatan perlu dilaksanakan secara berkala agar resiko munculnya sebuah penyakit didalam tubuh kita bisa diketahui sejak awal sehingga kita bisa sesegera mungkin untuk mengatasinya.


Dr. Peeyush Jain, Direktur dan Kepala Departmen, Preventif dan Rehabilitatif Kardiologi, Fortis-Escorts Heart Institute mengatakan "Orang - orang dewasa diakatakan sehat harus memiliki pemeriksaan kesehatan secara komprehensif setidaknya sekali dalam 5 tahun antara usia 20 sampai 60 tahun. Setelah 60 tahun, evaluasi menyeluruh ini dianjurkan setiap dua setengah tahun"


2. Luangkanlah Waktu untuk Berolahraga
Olahraga merupakan salah satu bagian terpenting dari kesehatan, terutama untuk kesehatan tubuh. 

Jika tubuh kita sehat, pasti hidup kita pun juga sehat. Luangkanlah sedikitnya 2 kali seminggu untuk berolahraga.

Banyak orang yang tak mengindahkan tentang arti pentingnya berolahraga, kebanyakan dari mereka baru menyadari ketika kondisi tubuh mereka ada yang tidak baik.

Padahal dengan berolahraga, kita bisa menghilangkan  stres dari tekanan kantor, tugas kuliah, bahkan pekerjaarn rumah yang menumpuk.
Banyak olahraga yang bisa kita lakukan, seperti jogging, berenang, lari, dan masih banyak lagi.


3. Berhenti Melakukan Aktivitas yang Dapat Mengganggu Kesehatan
Berhenti Melakukan Aktivitas yang Dapat Mengganggu KesehatanBerhentilah melakukan aktivitas yang dapat mengganggu kesehatan seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, narkoba, dan segala aktivitas yang mampu merusak kinerja sistem tubuh Anda.






4. Tidur yang Cukup
Tidur yang CukupSebuah penelitian yang diadakan oleh Universitas Wincosin, di Amerika Serikat menemukan bahwa lamanya waktu tidur seseorang dapat mempengaruhi Indeks Massa Tubuh (IMT). Penelitian ini dilakukan pada 1.024 sukarelawan yang berusia 30 - 60 tahun.

Tidur merupakan sebuah hal yang juga penting dan perlu diperhatikan betul agar aktivitas keseharian kita tidak terganggu.

Waktu tidur yang ideal adalah sekitar 7 jam. Namun tahukah anda kalau tidur lebih dari 7 jam juga meningkatkan resiko kematian hlo! Nah kok bisa ?
Penelitian yang dilakukan oleh Kripke di California, di Amerika Serikat mengemukakan bahwa risiko kematian meningkat pada waktu tidur 8 jam atau lebih, atau tidur kurang dari 7 jam.Penelitian yang melibatkan lebih dari 1 juta orang ini menemukan bahwa tidur selama lebih dari 8 jam dapat meningkatkan risiko meninggal dunia. Hal ini diakibatkan karena penyakit jantung dan pembuluh darah pada baik wanita dan pria. Pemakaian obat tidur yang sering untuk mengontrol insomnia juga berkaitan dengan peningkatan risiko kematian.

Masih meremehkan waktu tidur ? Sepertinya harus dipikir - pikir lagi !


5. Perbanyak Minum Air Putih
Perbanyak Minum Air PutihIngat ya, minum air putih bukan air es. Idealnya manusia mengkonsumsi air putih setiap hari adalah 2 liter atau setara dengan 8 gelas.

Didalam tubuh seseorang memiliki hingga 60% cairan, jadi minum air putih disini sangatlah penting untuk menjaga sistem tubuh.

Penelitian dilakukan pada tahun 2009 tentang pengaruh air minum bagi manusia. Sebuah penelitian The Indonesian Regional Hydration Study (THIRST) yang dipimpin langsung oleh Prof Dr Ir Hardinsyah MS menemukan bahwa sebanyak 46,1 persen dari sekitar 1.200 penduduk Indonesia di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan mengalami dehidrasi ringan.

Menurutnya, dehidrasi ringan ini ditandai dengan timbulnya rasa kering di bibir, kemudian menjalar ke kerongkongan, badan menjadi lemas, dan kemungkinan bisa jatuh pingsan bila tidak kuat lagi.

Menurut dokter berkacamata ini, kurang minum tidak hanya mengakibatkan terjadinya dehidrasi pada tubuh. Namun lebih ngerinya lagi bisa membuat otak kurang konsentrasi sehingga sangat susah sekali untuk menangkap pelajaran dengan baik.

Gejala lainnya adalah darah akan mengental sehingga seseorang akan mengalami rasa capek yang berlebihan, lesu, dan sering mengantuk. Hal ini diakibatkan karena cairan di dalam darah tersedot untuk kebutuhan lain di dalam tubuh.

Demikianlah  5 Pola Hidup Sehat yang telah dibeberkan para ahli yang sempat Mas Rully rangkum. Semoga bisa menjadi acuan anda untuk mendorong anda untuk hidup sehat. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba !

Terima kasih telah berkunjung !

Artikel Terkait

Berikutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Selanjutnya »

Silakan berkomentar dibawah ini!
Mohon maaf komentar yang mengandung kata - kata kotor, spam, SARA, porn*grafi dan sejenisnya tidak akan ditampilkan ! EmoticonEmoticon