Cari Domain Murah ? Berkualitas ?

Tahukah Kamu, Apa Itu NOKEN ?

11:38 PM


Siapa yang tahu Noken ? Hmm... saya tebak pasti dari sekian warga Indonesia yang membaca artikel ini masih banyak yang belum tahu tentang NOKEN.
Oke, karena saya baik hati, saya akan berbagi tentang warisan budaya Indonesia yang satu ini. Baca dan simak baik-baik ya, jangan sampai terlewat satu kata pun hehe.
NOKEN adalah warisan budaya dari PAPUA berbentuk  seperti tas tradisional  yang terbuat dari daun pandan dan kulit kayu seperti kayu pohon Manduam, Nawa atau Anggrek hutan. Biasanya, noken digunakan untuk membawa barang keperluan sehari-hari, seperti hasil-hasil pertanian (sayuran, umbi-umbian dan barang dagangan) untuk dibawa ke pasar. Para masyarakat papua biasanya menggunakan NOKEN dengan cara ditaruh dikepala.
Manfaat Noken yang luar biasa adalah dapat digunakan untuk menggendong bayi loh “Uhmm, kuat banget ya reader. Mungkin bisa jadi referensi para calon Ibu, heheh”
http://www.boombastis.com/noken-tas-papua/66977
Menurut masyarakat Papua, Noken aman untuk bayi dan dapat memperkuat otot bayi yang digendong dengan Noken.
Noken merupakan hasil kerajinan tangan oleh jari-jemari para Ibu di Papua. Tahukah Reader?
Keberhasilan dalam membuat Noken ternyata menentukan kedewasaan wanita di Papua. Jika wanita belum bisa membuat Noken, maka mereka harus berlapang dada tidak dianggap dewasa oleh masyarakat sekitar. Dan uniknya juga merupakan salah satu syarat bagi wanita untuk dapat menikah.
Noken merupakan tas tradisional yang multifungsi, ukurannya juga bervariasi dan semakin besar Noken maka semakin banyak barang yang bisa dibawa. Pembuatannya juga membutuhkan waktu yang tidak singkat sekitar 1-2 minggu untuk 1 noken.

http://suarakolaitaga.blogspot.co.id/2014/10/pemerintah-harus-buat-peraturan-tentang.html
Pada tanggal 4 Desember 2012 lalu, Noken ditetapkan sebagai warisan budaya dunia tak benda oleh UNESCO. Pengakuan ini tidak terlepas dari perjuangan panjang salah satu putra terbaik Papua yaitu Bapak Titus Pekei yang berjuang supaya Noken dapat diakui sebagai warisan dunia. Kasih Jempol buat si Bapak J
Sekarang ini, Noken sudah berkembang sesuai perkembangan globalisasi. Sekarang anyaman dan lilitas khas Noken dapat dijumpai dalam berbagai bentuk yang lebih bervariasi seperti topi, baju, rok dengan bahan dasar berupa benang wol dan manila (benang woll berbahan dasar plastik). Menurut saya, saat ini ditransformasi menjadi Noken modern yang lebih stylish supaya para masyarakat luar Papua dapat menggunakannya "bisa dibilang tas Rajutan" . Walaupun kualitas Noken tradisional lebih kuat hehe.

"Yuk, tetap jaga warisan budaya Indonesia. Jangan sampai diambil negara lain (lagi). Dan CINTAI PRODUK DALAM NEGERI yess"
>

Artikel Terkait

Berikutnya
« Sebelumnya
Sebelumnya
Selanjutnya »

Silakan berkomentar dibawah ini!
Mohon maaf komentar yang mengandung kata - kata kotor, spam, SARA, porn*grafi dan sejenisnya tidak akan ditampilkan ! EmoticonEmoticon